Manfaat dan Khasiat Kopi untuk Kesehatan

Foto Credit by rustandi_arief
Khasiat Kopi - Minuman kopi merupakan minuman hasil pengolahan ekstrak biji kopi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Harvard Women’s membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi kopi beberapa cangkir dengan rutin setiap hari dapat mencegah kita dari serangan penyakit diabetes, kanker usus besar, kanker hati, batu ginjal, dan bisa mengurangi resiko menurunnya daya kognitif otak.

Bukan hanya Harvard saja yang melakukan penelitian namun sejumlah penelitian di dunia juga menyebutkan hal yang sama tentang khasiat kopi. Salah satunya ialah mencegah diabetes hingga 50%.
Di samping itu kopi juga mengandung asam klorogenik dan trigonelin yang berperan untuk melakukan penyerapan gula dan berperan dalam pembentukan hormon insulin.

Khasiat Kopi

Kopi memiliki khasiat untuk mencegah serangan penyakit stroke dan jantung. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang menguji dengan melibatkan kurang lebih 83.000 wanita dengan usia kisaran 24 tahun.

Mereka diminta untuk mengkonsumsi minuman kopi sebanyak 2-3 cangkir setiap hari. Melalui studi tersebut diperoleh kesimpulan bahwa wanita yang minum kopi lebih tahan dari serangan stroke dan penyakit jantung kurang lebih 19% jika dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi tersebut juga dilakukan terhadap pria dan hasilnya menunjukkan hasil presentase yang hampir sama.

Kopi ternyata juga mampu mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena kopi mempunyai kandungan anti-oksida yang mampu menangkal dari serangan radikal bebas. Minum kopi secara rutin ternyata mampu menurunkan resiko kanker hati 41%. Kopi juga ternyata mampu mencegah penyakit Parkinson.

Bisa kita simpulkan bahwa ada banyak sekali manfaat dan khasiat kopi bagi kesehatan. Berikut beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan cara rutin mengkonsumsi kopi:
  • Mencegah stroke
  • Mencegah penyakit jantung 
  • Mencegah kanker hati / sirosis 
  • Mencegah penyakit Parkinson 
  • Mencegah penyakit Diabetes 
  • Mencegah berbagai penyakit kanker seperti usus besar ,kanker payudara, dan lainnya.
  • Meningkatkan kesuburan pria 
  • Meningkatkan sistem imun tubuh 
Tidak hanya mencegah datangnya kemungkinan berbagai penyakit, ternyata mengkonsumsi kopi pun sangat berperan dalam membantu aktivitas banyak orang. Salah satunya ialah meningkatkan stamina tubuh dan menjadikannya kembali bersemangat setelah banyaknya aktivitas, kerja keras, dan jadwal yang padat yang memang membuat seseorang menjadi lelah.

Kopi yang memiliki khasiat di atas tentunya kopi yang masih murni atau asli bukan kopi yang instan.

Mengenai masalah khasiat dan manfaat kopi memang masih menjadi pro dan kontra. Terlepas dari masalah tersebut, memang harus ditekankan bahwa konsumsi kopi tersebut masih dalam kategori wajar dan bukan yang berlebihan.

Dalam mengkonsumsi kopi juga dianjurkan untuk melihat riwayat kesehatan dan juga usia, karena tidak semua orang diperkenankan untuk mengkonsumsi kopi sering-sering.

Post a Comment